Monday 25 April 2011

Sejarah Komputer

Penggenerasian komputer sebenarnya tidak ada kesepakatan resmi. Ciri - ciri umum dan teknologi dasar pembangun adalah dua hal yang bisa dijadikan acuan dasar penggenerasian komputer. Dengan dua parameter itu setidaknya kita dapat mengelompokkan perkembangan komputer dengan melihat perubahan - perubahan yang terjadi pada keduanya. Berikut ini secara umum perkembangan komputer dari generasi ke generasi

Komputer Generasi Pertama
1. ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Computer)
Eniac dirancang oleh Dr. J. Presper dan Dr. John W. Mauchly dari Moore School, Universitas Pennsylvania pada tahun 1943 dan selesai tahun 1945.  Secara fisik ENIAC adalah komputer raksasa dengan berat 30 ton. Sebagai perangkat masukannya card reader IBM dan piranti keluarannya digunakan puch card
2. EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)
EDVAC merupakan lanjutan ENIAC. Eckert dan Mauchly secara resmi mempublikasikannya tahun 1947. EDVAC dirancang sebagai komputer serbaguna , dapat digunakan untuk berbagai tujuan (multipurpose computer). Komputer ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Riset Balistik (Balistic Research Labaratory) milik departemen pertahanan Amerika Serikat. Aplikasi dapat diselesaikan adalah perhitungan besar sudut rudal balistik sehingga rudal tepat mengenai sasaran. Program sepenuhnya disimpan dalam memori komputer. Ide pembangunan EDVAC tidak terlepas dari konsep dasar komputer modern Dr. John Von Neumann dalam " A very high-speed automatic digital computing system, and in particular with its logical control"
3. UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
UNIVAC merupakan rancangan Maunchly dan Eckert berikutnya setelah EDVAC. Mereka mendirikan perusahaan "the Eckert-Maunchly Computer Company" dengan UNIVAC I sebagai produk pertamanya. UNIVAC I adalah komputer komersial pertama yang di pasarkan sejak tahun 1951 sampai tahun 1958 telah dibuat 46 UNIVAC I untuk berbagai kepentingan, seperti: Biro sensus Dept. Perdagangan Amerika, Universitas New York, perusahaan asuransi Prudential, dan perusahaan General Eletric.
4. IBM 305 - RAMAC (Random Acces Method of Accounting and Control)
Ramac mempunyai merk dagang IBM untuk komputer yang dibuat secara masal bagi kepentingan bisnis pada tahin 1965. RAMAC adalah komputer pertama kali menggunakan tempat penyimpanan (disk storage). Beberapa komponen yang terdapat didalamnya: bagian pemroses pertama (Central Proccessing Unit, CPU ), pembaca kartu (card reader), dan printer. Program dasar yang dibuat oleh pabrik (Read Only Memory, ROM) disimpan dalam magnetic drum. Program ini mengontrol fungsi - fungsi yang ada dalam komputer. Pada tahun 1962 IBM membuat seri 1400 untuk menggantikan RAMAC
5. EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator)
EDSAC dibuat di Universitas Cambridge Inggirs oleh tim yang dipimpin Maurice Wilkes. Pertama kali di operasikan pada tahun 1949. Komputer ini telah menggunakan assembler sederhana yang disebut "initial order". Dengan Assembler ini, pemogram tidak perlu menuliskan program dalam bahasa mesin.
Komputer Generasi Kedua
1. DEC PDP - 1 (Digital Equipment Corporation Programmable Data Processor - 1)
DEC adalah perusahaan yang didirikan oleh Ken Olson dan Harlan Anderson pada tahun 1957. PDP-1 adalah mesin 18-bit yang dibangun oleh DEC. Komputer interaktif berukuran kecil. Mesin ini dikenal oleh DEC pada tahun  1960 sebagai komputer komersial.
2. UNIVAC III
UNIVAC III diperkenalkan pada tahun 1962. Mesin ini merupakan pengembangan dari UNIVAC I dan UNIVAV II. Memorinya dibuat tumpukan 29 blok dari 4096 core. Bagian pemroses pusat memiliki 15 register indeks. Sistem operasi yang digunakan untuk mengatur sistem dikenal dengan nama CHIEF atau BOSS
Komputer Generasi Ketiga
1. IBM S/360
Komputer IBM S/360 adalah mainframe yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknlogi dasar rangkaiannya. S/360 merupakan awal komputer modern. Nama S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik.
2. DG-Nova (Data General)
Nova adalah komputer mini 16 bit pertama dirancang oleh Edson de castro dari DG (data general). IC yang digunakan berjenis MSI (Medium-Scale Intgrated Circuits). DG sendiri adalah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan DEC yang tidak puas atau kebijakan perusahaan. DG membuat nova pada tahun 1969. Rancangan mirip dengan PDP-8 dengan kemampuan yang lebih baik. kesuksesan Nova diikuti oleh penerusnya yaitu Supernova.
Komputer Generasi Keempat
1. IBM S/370
IBM meluncurkan seri S/370 pada tahun 1970. Mesin ini menguunakan chip LSI sebagai teknolgi dasarnya. Memori Utama kecepatan tinggi menggunakan chip silikon tunggal. Menambah kapasitas memori dengan RCS.
2. Komputer Mikro/Komputer Pribadi
IBM tidak pernah merencanakan untuk mengembangkan komputer mikro. Sebagai perusahaan besar, IBM lebih intensif mengembangkan komputer mainframe. Pada akhir generasi keempat, tren pasar menunjukan hal lain. Pasar menyambut komputer mikro dan komputer pribadi.
Komputer Generasi Kelima
Berbagai usaha dilakukan untuk menemukan teknlogi baru, teknlogi masa depan. jepang salah satu pelopor dengan proyek ICOT (Institute for New Computer Technology). VLSI yang saat ini digunakan masih belum cukup signifikan untuk memenuhi  kebutuhan komputer masa depan.

No comments:

Post a Comment